by

Beberapa Alasan Penting Service Berkala Pada 10.000km

-TIPS-0 views

Alasan Service Berkala Wajib Pada 10.000 Km

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik mobil adalah melakukan perawatan, salah satunya dengan melakukan service secara rutin atau service berkala. Service rutin pada mobil biasanya dilakukan ketika mobil sudah mencapai 10.000 km atau dalam jangka waktu selama 6 bulan pemakaian. Supaya mobil yang digunakan tetap dalam keadaan aman dan nyaman untuk digunakan dalam keseharian.

Selain faktor diatas, alasan untuk service mobil secara berkala pada 10.000 km adalah untuk menjaga efisiensi pemakaian bahan bakar dan untuk menjaga mobil agar tetap terawat dengan baik.

Berikut adalah beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk selalu melakukan service secara berkala pada 10.000 km:

Rutinitas Kemacetan

Para pemilik mobil seringkali tidak menghiraukan untuk melakukan service secara berkala pada 10.000 km yang telah ditempuhnya.

Hal ini dikarenakan banyak para pemilik mobil berdalih bahwa km pada kendaraannya belum banyak serta mobil hanya digunakan untuk berangkat dan pulang kantor saja. Padahal di dalam rutinitas keseharian ada faktor kemacetan yang seharusnya Anda perhatikan.

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia tentu sudah menjadi hal biasa terjebak dalam kemacetan. Sering kali  kendaraan yang Anda kendarai terjebak macet hingga berjam-jam. Tentu saja hal itu bisa dikatakan menjadi satu diantara bentuk dari kinerja mesin yang terlalu berat.

Di situasi tersebut, memang kilometer pada mobil tidak berjalan terlalu, akan tetapi mesin mobil yang Anda kendarai masih dalam keadaan menyala di keadaan macet tersebut. Hal ini yang disarankan untuk Anda dalam menyervice mobil secara berkala 6 bulan sekali.

Pada dasarnya meskipun kilometer yang Anda tempuh tidaklah terlalu jauh atau belum mencapai kilometer yang ditentukan untuk service, namun kerja mesin mobil Anda itulah yang tergolong cukup berat untuk menghadapi kemacetan setiap harinya.

Syarat Garansi

Bagi Anda yang memiliki mobil baru biasanya akan diberikan garansi apabila mobil terjadi kerusakan. Namun biasanya sebuah perusahaan akan menerapkan beberapa syarat melayani garansi, diantaranya adalah  rutin dalam melakukan service secara berkala pada bengkel resmi sesuai dengan ketentuan buku service.

Untuk mobil baru urutan dalam service berkala biasanya pada 1000 kilometer atau dalam waktu 1 bulan. Selanjutnya, dalam waktu 6 bulan atau 10.000 kilometer.

Pilih salah satu diantaranya mana yang telah dicapai duluan. Karena apabila dalam waktu 6 bulan belum mencapai 10.000 kilometer itu diharuskan melakukan service secara berkala.

Itulah  beberapa alasan kenapa Anda harus rutin melakukan service secara berkala atau setiap mencapai 10.000 kilometer. Hal ini bertujuan  untuk menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan fit. Sehingga akan meningkatkan tingkat kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

Selain itu, fungsi dari melakukan service mobil secara berkala adalah agar menjaga kualitas mobil Anda. Sehingga apabila Anda  suatu saat menginginkan ganti mobil yang baru, harga mobil yang lama tidak akan turun terlalu tajam karena mobil yang Anda jual  dalam kondisi sangat terawat.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa alasan penting, untuk service kendaraan berkala pada kelipatan 10rb km salah satunya untuk menjaga performa kendaraan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

News Feed