by

BR-V Mulai Bangkit, S-Cross Gagal Fokus

-NEWS-1 views

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah terpuruk dengan penjualan hanya satu unit pada Agustus 2017, mendadak wholesales Honda BR-Vlangsung melonjak di bulan berikutnya. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BR-V sukses terjual 2.471 unit, September 2017.

Jumlah tersebut langsung menyalip dan menggeser posisi HR-V 1.5L ke urutaan kedua dengan penjualan pada September sebanyak 2.441 unit. Ini kali pertama HR-V 1.5L tergeser dari zona nyamannya setelah dari Januari hingga Agustus menjadi pemimpin di segmen LSUV.

Sementara untuk posisi ketiga pada September, di tempati Toyota Rushdengan pencapaian 1.441 unit. Setelah itu disusul oleh saudara kembarannya, Daihatsu Terios, dengan penjualan 506 unit.

Menariknya, posisi kelima yang selama ini dikuasai Suzuki SX4 berhasil disalip Chevrolet Trax dengan penjualan 173 unit. Sementara SX4 sendiri hanya 129 unit, turun dibandingkan penjualan pada Agustus yang mencapai 249 unit.

Ketika dikonfirmasi soal penurunan SX4, Head of Research and Brand Development 4W SIS Harold Donel, mengatakan penurunan lebih karena adanya produk baru.

“Dari diskusi internal sebenarnya tidak terlalu signifikan. Kemarin itu kita lagi giat dengan Baleno Hatchback, jadi ada sedikit pengalihan fokus. Bulan ini kita pastikan labih baik lagi,” ucap Harold kepada KompasOtomotif, Selasa (17/10/2017).

Untuk urutan selanjutnya masih sama dengan posisi pada Agustus, yakni Mazda CX-3 dengan pejualan 67 unit. Sementara urutan kedelapan ditempati Nissan Juke yang pada September terjual 26 unit, lebih tinggi dibanding Agustus.

Total keseluruhan LSUV pada September terjual 7.254 unit. Sedangkan akumulasi penjualan LSUV sejak Januari hingga September 2017 sebanyak 71.535 unit.

News Feed