by

Cara Paling Mudah Merawat Kunci Kontak Biar Tak Mudah Longgar

-TIPS-3 views

Bagi Anda yang memiliki sepeda motor, alangkah baiknya jika memperhatikan setiap bagian motor Anda agar tidak rusak. Banyak orang yang memperhatikan motor hanya pada bagian mesin saja. Padahal bagian lain juga penting untuk dirawat, seperti oli rem, oli gardan pada motor matic, oli samping pada motor bermesin 2-tak, rem, kunci kontak, dan lain-lain.

Seiring waktu berjalan, penggunaan motor yang cukup lama akan membutuhkan banyak perawatan agar tampilan motor tetap seperti motor yang masih baru. Akan tetapi banyak orang yang kurang memperhatikan bagian kunci kontak, sehingga kebanyakan motor yang sudah lama kunci kontaknya longgar dan mudah lepas.

Hal tersebut kerap menjadi masalah bagi pengendara motor yang tiba-tiba kunci hilang entah dimana ketika sedang berkendara di jalan umum. Akhirnya pengendara kerepotan untuk mematikan atau menghidupkan mesin motor jika tidak dibawa ke ahli kunci, bahkan pada beberapa kasus motor yang di kendarai tanpa menggunakan kunci akan terkena razia karena dicurigai sebagai motor curian.

Agar hal serupa tidak terjadi pada Anda, sebaiknya lakukan perawatan kunci kontak Anda secara rutin. Cara merawat kunci kontak agar tidak cepat longgar sangat mudah, Anda hanya perlu beberapa menit saja tanpa menguras waktu yang lama.

Kunci kontak motor yang terlalu lama digunakan tanpa perawatan akan macet atau bahkan dol. Maka Anda perlu melakukan perawatan pada kunci kontak motor Anda secara benar. Merawat kunci kontak motor agar tidak longgar tidak perlu terlalu sering, cukup Anda lakukan 3 atau 4 bulan sekali saja.

Cara yang perlu Anda lakukan untuk merawat kunci kontak motor agar tidak longgar yaitu :

  1. Tutup penutup kunci.

untuk motor dengan tahun pembuatan 2012 ke atas sudah di lengkapi dengan penutup kunci. Jadi tutup kunci ketika sedang tidak digunakan agar lubang kunci tidak kemasukan air atau debu. Sebab air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa membuat bagian dalam lubang kunci rusak atau berkarat dan nantinya mengganggu penggunaannya.

  1. Semprot cairan pelumas.

Lumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan penetran atau bisa juga menggunakan WD-40. Hal ini akan membuat kunci kontak tetap berfungsi normal, tetapi jangan gunakan oli bekas yang bisa saja mengotori kunci.

  1. Jangan paksa kunci yang macet.

Jangan memaksakan kunci kontak ketika tiba-tiba macet. Hal ini nantinya akan membuat lubang kunci rusak dan longgar. Jika kunci macet, tetesi sedikit oli atau minyak dan tunggu beberapa menit sambil putar kunci pada posisi ON dan OFF.

  1. Gunakan gantungan kunci yang tidak terlalu berat.

Gantungan kunci biasanya membantu agar Anda lebih mudah menemukan kunci ketika lupa menaruhnya, namun gantungan pada kunci yang terlalu berat akan membuat lubang menjadi longgar.

Demikian artikel kali ini mengenai cara merawat kunci kontak agar tidak mudah longgar. Semoga bermanfaat dan memberi wawasan bagi Anda. Terimakasih.

News Feed