by

Pedal Kopling Bergetar Bisa Jadi Sinyal Masalah

-TIPS-1 views

Otosia.com – Pernahkah Anda mengalami pedal kopling bergetar saat akan mobil mulai dijalankan? Mungkin Anda mengira hal tersebut wajar, karena biasanya getara tersebut akan menghilang seiring bertambahnya kecepatan. Padahal getaran tersebut bisa menjadi sebuah pertanda sistem transmisi kendaraan Anda mulai bermasalah.

Adapun penyebab pedal kopling bergetar beragam. Lantaran sistem transmisi manual terdiri dari beberapa komponen bergerak yang saling menggesek. Penyebab pertama adalah cover clutch yang sudah melemah. Hal itu tentu akan menimbulkan getaran yang berambat hingga ke pedal kopling.

Kemudian penyebab lainnya adalah permukaan roda gila atau fly wheel yang sudah tidak rata. Fly wheel sendiri akan bersinggungan dengan plate kopling. Akibat ketidakmerataan permukaan fly wheel, pedal kopling akan bergetar.

Adapun penyebab lainnya adalah tidak meratanya kekencangan baut pada cover clutch atau kelainan dari pegas plate kopling. Hal tersebut membuat kinerja plate kopling saat bergesekan dengan fly wheel menjadi terpengaruh dengan dampak pedal bergetar.

Oleh karena itu, apabila Anda mulai merasakan adanya getaran pada pedal kopling ketika akan atau sudah melaju, ada baiknya segera memeriksakan ke bengkel. Jika Anda tak mengindahkan hal tersebut, risiko kerusakan lebih besar atau bahkan mobil mogok dapat saja terjadi.

 

News Feed