by

Penjelasan Dan Fungsi Anti Headrest Pada Jok Mobil

-NEWS-1 views

 Di dalam mobil, Anda pastinya tahu tentang adanya komponen tepat di belakang kepala atau yang biasanya digunakan untuk sandaran kepala bagi para penumpang. Nah, komponen itulah yang disebut sebagai anti headrest.

Kebanyakan orang hanya tahu fungsi dari headrest hanya sebagai sandaran kepala ataupun sebagai sandaran untuk tidur. Padahal sebenarnya headrest memiliki fungsi terkait keselamatan pengendara.

Ada setidaknya dua fungsi dari anti headrest pada jok mobil yang harus Anda ketahui.

Berikut ulasan tentang fungsi anti headrest:

  1. Mengurangi potensi cedera kepala dan patah tulang leher.

Dalam mengendarai mobil ada resiko berupa kecelakaan. Saat terjadi kecelakaan terutama tabrakan baik dari arah depan maupun belakang, kepala pengendara dan penumpang akan secara refleks menuju ke arah depan dan kemudian terpental ke belakang.

Jika tabrakan yang terjadi menyebabkan benturan yang keras maka saat kepala kembali terpental ke belakang sehingga akan menyebabkan kepala terlalu mendongak ke arah belakang. Hal tersebut bisa membuat tulang di bagian tengkuk akan patah.

Nah, fungsi dari anti headrest adalah untuk menahan kepala agar tidak terpental ke belakang terlalu keras sehingga cedera dan patah tulang leher bisa dihindari. Hal itu akan dapat menjaga keselamatan bagi pengemudi maupun penumpang.

  1. Anti headrest bisa digunakan pada saat darurat.

Dalam kondisi yang darurat seperti saat terjadi kebakaran di dalam mobil, mobil terjatuh ke dalam air, ataupun kondisi mobil saat tergencet karena kecelakaan yang menyebabkan pintu mobil tidak dapat terbuka.

Anda bisa menggunakan anti headrest sebagai alat untuk memecahkan kaca dalam mobil pada kondisi darurat. Sehingga Anda bisa keluar dari kondisi yang dapat membahayakan diri Anda.

Cara yang harus Anda lakukan adalah melepaskan anti headrest yang terdapat pada jok mobil dengan menekan sebuah tombol kecil pada pangkal headrest. gagang besi dari komponen anti headrest tersebut digunakan untuk memecahkan kaca.

Caranya dengan menyelipkan gagang besi diantara trim pintu dan kaca mobil. Setelah menancap tekanlah ke bawah agar kaca dapat pecah.

Nah, sekarang Anda sudah tahu mengenai fungsi anti headrest pada jok mobil. Sangat penting bukan?

Namun Anda tidak akan mendapatkan fungsi anti headrest terkait dengan keamanan pengemudi maupun penumpang jika Anda melakukan hal berikut ini:

  1. Mengatur posisi yang tidak tepat.

Jika dalam mengatur posisi anti headrest terlalu tinggi atau terlalu pendek maka benda tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika terjadi kecelakaan, resiko cidera dan patah tulang masih bisa terjadi pada Anda. Anda harus mengatur ketinggian headrest sesuai dengan ketinggian kepala. Sehingga fungsinya dapat optimal.

  1. Menambahkan aksesories

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, sebagian orang biasanya menambahkan aksesoris berupa bantal-bantalan pada sandaran kepala. Penambahan aksesories tersebut sebenarnya akan mengurangi fungsi anti headrest sebagai peredam benturan kepala.

Itulah penjelasan dan fungsi anti headrest pada sebuah mobil. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat memberikan jawaban yang memuaskan. Terimakasih.

News Feed