by

Pihak Esemka Menutup Diri Setelah Muncul SUV Mirip Garuda 1

-NEWS-2 views

JAKARTA, KOMPAS.com — Informasi yang lagi viral akhir pekan lalu, yaitu tentang foto sport utility vehicle (SUV) misterius yang secara tampilan mirip Esemka Garuda 1, sedang parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Dibilang misterius, karena SUV berkelir hitam itu tidak dilengkapi dengan logo dari merek mobil. Namun, jika dilihat dari bagian belakang, sangat mirip dengan Garuda 1 yang sempat viral awal 2018. Setelah foto tersebut muncul, Kompas.com mencoba untuk menghubungi beberapa petinggi Esemka, seperti mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, yang diutus untuk mengurus Esemka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Baca juga: SUV Misterius Mirip Esemka Garuda 1 Bahkan hingga Hosea Sanjaya sebagai Managing Director Adiperkasa Citra Esemka Hero. Perusahaan itu yang rencananya memproduksi Esemka, itu pun sangat sulit untuk dimintai keterangan mengenai foto yang telah beredar di dunia maya. Sambungan telepon beberapa kali tidak ada respons, bahkan pesan singkat pun hanya dibaca saja oleh Hosea.

Padahal sebelumnya, atau tepatnya pada akhir 2017 Hendropriyono pernah mengatakan bahwa Garuda 1 akan meluncur paling lama pertengahan 2018. Baca juga: Soal Nasib Esemka, Begini Jawaban Presiden Jokowi Jika benar, maka sangat tepat mengingat sekarang ini sudah masuk pertengahan tahun. Sampai berita ini diturunkan, masih belum ada tanggapan resmi dari pihak terkait. Esemka Garuda 1 ini jika dilihat mirip dengan Foday Landfort yang merupakan merek asal China. SUV tersebut dibekali mesin bensin berkapasitas 2.378 cc serta pilihan mesin turbo diesel 1.815 cc.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pihak Esemka Menutup Diri Setelah Muncul SUV Mirip Garuda 1”, https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/30/072200515/pihak-esemka-menutup-diri-setelah-muncul-suv-mirip-garuda-1.
Penulis : Aditya Maulana
Editor : Agung Kurniawan

News Feed